Apa Itu Bata Ringan ?

Umumnya, anda mungkin hanya mengenal Bata Merah dan Batako saat menyebutkan bahan bangunan apa yang digunakan untuk membuat dinding bangunan. Memang benar sih, tapi perlu sobat ketahui saat ini telah hadir generasi baru dari batu bata, yang akan menjawab kebutuhan masa kini diantaranya adalah peningkatan efisiensi energi, efisiensi waktu dan kekuatan konstruksi. Bata Ringan..Yah, BataRingan merupakan generasi baru dari batu bata konvensional. Dari namanya saja, kita tentu sudah bisa menebak bahwa Bataringan memang mempunya bobot yang lebih enteng daripada batu bata pada umumnya. Tujuannya dibuat tentu untuk memudahkan kita dalam hal pembangunan.

Saat ini berbagai macam merk sudah banyak beredar di pasaran dengan harga yang bervariatif. Saking banyaknya bisa membuat anda bingung untuk memilihnya. Merk bata ringan yang bagus juga sudah banyak dijual dipasaran material bangunan diantaranya adalah Grand Elephant, Citicon, Falcon, Gracon, Priority one, Bricon, Fastcon, Focon, Brix, Leibel, Maccon, Blesscon dan lainnya.

Nah, apa sih sebenarnya Bata Ringan itu sendiri? Untuk mengetahui lebih dalam, simak penjelasannya berikut ini.

Bata Ringan

Bata Ringan merupakan batu bata yang memiliki berat jenis lebih ringan daripada bata pada umumnya. Diproduksi secara modern di pabrik berbahan campuran material pasir silica, kapur, gypsum dengan semen berkualitas tinggi.

Pertama kali dikembangkan di Swedia pada tahun 1923 sebagai alternatif material bangunan untuk mengurangi penggundulan hutan dimana pada waktu itu pembangunan masih sangat bergantung pada Kayu. Kemudian pada tahun 1943, dikembangkan lagi oleh Joseph Hebel di Jerman. Di Indonesia sendiri Bata Ringan mulai dikenal sejak tahun 1995 dengan merk dagang HEBEL, saat didirikannya Pabrikasi AAC di Karawang, Jawa Barat.

Artha Mulia Pamenang | Jual Bata Ringan Murah

Jenis Dan Type

Di Indonesia sendiri Bata Ringan dikenal ada 2 (dua) jenis. Yaitu AAC (Autoclaved Aerated Concrete) dan CLC (Cellular Lightweight Concrete). Dari keduanya, didasarkan pada suatu gagasan yang sama yaitu menambahkan gelembung udara ke dalam mortar dengan tujuan untuk membuat pori-pori sehingga dapat mengurangi berat beton secara drastis. Untuk mengetahui apa saja perbedaan yang berjenis AAC dan CLC, mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Bata Ringan AAC

BataRingan AAC umumnya dibuat menggunakan beberapa bahan baku yang terdiri dari pasir kwarsa (silica), semen, kapur, sedikit gypsum, air, dan alumunium pasta sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi). Diproduksi dengan mesin pabrik berteknologi modern tentunya dengan bahan yang berkualitas serta dikeringkan dengan mesin autoclave dengan suhu pengeringan diatas 1000 derajat celcius sehingga menjadikannya kering sempurna dan memiliki bobot yang lebih ringan daripada Batu bata pada umumnya.

Artha Mulia Pamenang
Bata Ringan AAC

Bata Ringan CLC

Tidak seperti BataRingan AAC yang menggunakan Pasir Silica, Bata Ringan CLC umumnya menggunakan Pasir biasa dan diproduksi secara manual atau cara konvensional yang mengandalkan tenaga manusia dalam pembuatannya. Bahan bakunya menggunakan komposisi khusus dan juga menggunakan pengeringan secara alami yaitu dengan sinar matahari sehingga pengeringannya lebih lama daripada yang berjenis AAC serta bobot dari bataringan CLC itu sendiri tidak se ringan yang berjenis AAC namun masih lebih ringan daripada batu bata konvensional yang lainnya.

Artha Mulia Pamenang
Bata Ringan CLC

Saat ini BataRingan AAC lebih banyak digunakan oleh masyarakat ketimbang yang berjenis CLC. Selain mempunyai warna yang lebih putih, Salah satu faktor Bataringan AAC lebih disukai karena mempunyai ukuran besar dan bobot yang lebih ringan daripada yang berjenis CLC.

Nah, setelah mengetahui seperti apa Bata Ringan itu, point selanjutnya akan ada penjelasan mengenai spesifikasi teknis, ukuran dan keunggulan yang terdapat pada Bataringan AAC. Simak penjelasan berikut ini.

Kelebihan Dan Keunggulan

Seiring perkembangan jaman, Bata Ringan menjadi salah satu material bangunan yang saat ini semakin populer dan mulai banyak digunakan untuk proyek-proyek perumahan atau bangunan komersil karena keunggulannya. Lalu apa saja keunggulannya? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Ringan Dan Berukuran Besar. Memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan bata konvensional sehingga beban struktur menjadi lebih kecil. Karena ukurannya yang besar sehingga mempercepat waktu pembuatan dinding hingga lebih dari tiga kali lipat.
  2. Tahan Gempa. Karena mempunyai berat jenis yang ringan, sehingga mempunyai ketahanan yang baik terhadap getaran hebat atau gempa sehingga anda tidak perlu khawatir akan efek gempa.
  3. Tahan Api. Sifat perambatan panas rendah yang dimiliki membuat bangunan tahan terhadap api lebih dari 1000° Celcius sehingga dapat melindungi harta dan nyawa anda.
  4. Sejuk Dan Hemat Energi. Memiliki sifat insulasi panas yang baik, sehingga membuat ruangan lebih sejuk sehingga anda dapat menghemat biaya listrik dan energi listrik untuk pendingin ruangan.
  5. Tahan Bising. Anda dapat memiliki privasi yang lebih karena Bataringan mampu menyerap gelombang suara dengan baik karena Pori-pori didalamnya membuat dinding sangat bisa meredam kebisingan.
  6. Daya Serap Air Rendah. Mempunyai daya serap air yang rendah sehingga bangunan anda terasa lebih nyaman karena resiko terjadinya flek pada dinding akan berkurang.
  7. Hemat Dan Akurat. Dengan dimensi yang standart dan konsisten maka perhitungan dan estimasi biaya dalam pengerjaan konstruksi menjadi lebih mudah.
  8. Cepat Dan Rapi. Ukuran yang presisi dan bersudut siku membuat dinding lebih rapi dan dapat mempercepat pengerjaan konstruksi.
  9. Ramah Lingkungan. Tidak mengandung bahan-bahan beracun dan sangat ramah lingkungan dan aman untuk tempat tinggal.
Spesifikasi Teknis dan Ukuran

Salah satu perbedaan antara Bata Ringan dengan batubata konvensional adalah ukurannya. Bataringan mempunyai ukuran yang jauh lebih besar namun ringan, sehingga menjadikan pengerjaannya lebih cepat, praktis dan hemat biaya. Sebagai perbandingan, satu pieces Bataringan sama dengan dua belas (12) pieces batubata merah. Berikut ukuran dan spesifikasinya:

Panjang600 mm
Tinggi200 mm
Tebal75 ; 100 ; 125 mm
Berat Jenis Kering500 kg/m³
Berat Jenis Normal600 kg/m³
Kuat Tekan40 kg/cm²
Daya Hantar Panas0,14 W/mK

Jumlah Bata Ringan Per Kubik

KetebalanIsi / m³ (pcs)
Tebal 75 mm111 pcs
Tebal 100 mm83 pcs
Tebal 125 mm66 pcs

Satu Kubik Bataringan Jadi Berapa Meter Persegi ?

KetebalanLuasan / m³ (m²)
Tebal 75 mm13.33 m²
Tebal 100 mm10 m²
tebal 125 mm8 m²

Informasi Distributor / Supplier / Agen / Jual Bata Ringan Murah. Hubungi:

ARTHA MULIA PAMENANG

Jam Kerja
Senin – Jumat: 08.00 – 16.00
Sabtu: 08.00 – 15.00

Hubungi

Artha Mulia Pamenang - Jual Bata Ringan Murah
Artha Mulia Pamenang - Jual Bata Ringan Murah
Artha Mulia Pamenang - Jual Bata Ringan Murah

Kirim e-mail 
arthamuliapamenang@yahoo.com

Official Site
bataringansurabaya.com

Alamat Kantor
SBD Blok C1/No 20 Kota Baru Driyorejo, Jalan Raya Batu Mulia No.12 D
Kota Baru Driyorejo – Gresik
Jawa Timur

Kantor Cabang Banyuwangi
Jl. Kapten Piere Tendean No. 1 Karangrejo
Banyuwangi – Jawa Timur 68411.
(Depan Hotel Selamet) Telp. 081358663710

Kantor Cabang Kediri
Jl. Melati No. 500
Dsn. Sumber Ds. Doko Rt. 40/Rw. 07
Kecamatan Ngasem – Kediri
Telp. 081233321414